Sabtu, 02 Juli 2011

Tunggal Rasa Kawula Gusti

"Sajatine Ingsun Dat kang amurba amisesa,
Kang kuwasa anitahake sawiji-wiji,
Dadi padha sanalika,
Sampurna saka ing kodrating-Sun,
Ing kono wus kanyatahan pratandhaning apngaling-Sun,
Minangka bubukaning iradating-Sun,
Kang dhingin Ingsun anitahake kayu,
Aran sajaratul yakin,
Tumuwuh ing sajroning ngalam ngadam - makdum ajali abadi,
Nuli cahya aran Nur Muhammad,
Nuli kaca aran miratul kayai,
Nuli nyawa aran roh ilapi,
Nuli dammar aran kandil,
Nuli sosotya aran darrah,
Nuli dhinding jalal aran kijab,
Kang minangka warananing kalarating - Sun"

(Sesungguhnya Aku Dzat Yang Maha Pencipta dan Maha Kuasa,
Yang berkuasa menciptakan sesuatu,
Terjadi dalam seketika,
Sempurna lantaran kodratku,
Sebagai pertanda perbuatan-Ku,
Merupakan kenyataan kehendak-Ku,
Mula-mula Aku menciptakan hayyu,
Bernama sajaratul yakin,
Tumbuh dalam alam makdum yang azali abadi,
Setelah itu cahaya bernama Nur Muhammad,
Kemudian kaca bernama miratul kayai,
Selanjutnya nyawa bernama roh ilapi,
Lampu bernama kandil,
Lalu permata bernama dharrah,
Kemudian dinding jalal bernama hijab,
Yang menjadi penutup kehadirat-Ku).

Dalam Serat Wirid Hidayat Jati karya Rangga Warsita tersebut, termuat urutan kejadian Dzat dan Sifat dan Af'al (perbuatan) Tuhan. Yang di maksud dengan AKU atau INGSUN dalam serat itu tidak lain adlh diri Dzat yg Mutlak. AKU sang Diri Sejati itu mulanya "tersembunyi" atau dumunung di Nukat Ghaib. Nukat artinya Wiji sedangkan Ghaib artinya samar. AKU atau INGSUN kemudian berniat menyatakan diri sebagai PENCIPTA SEGALA SESUATU.

"Niat Ingsun...." Begitu doa orang Jawa biasa di ucapkan adlh meniru apa yg di sampaikan Tuhan untk memulai proses-proses penciptaan. Akhirnya di mulailah ketujuh pangkat penjelmaan Dzat (tujuh martabat) yg di simbolisasikan ke dalam khasanah Jawa dengan Pohon Dunia, Cahaya, Cermin, Wajawa (Roh Idhafi), Dian (Kandil), Permata (Dharrah), Dinding jalal (penjelmaan insan kamil).

Keberadaan Dzat Tuhan itu ibarat CERMIN YANG AMAT JERNIH atau KACAWIRANGI. Yaitu DIRI yg di liputi kekosongan yg berisi TYAS CIPTA HENING. Cermin itu tidak ada bandingannya, tidak punya rupa, warna, kosong tidak ada apa-apanya. Namun adlh kesalahan bahwa kekosongan Dzat Tuhan adlh TIDAK ADA, sebab CERMIN itu TETAP ADA.

Ki Soedjonoredjo penulis buku Wewadining Rasa mengatakan kesalahan anggapan bahwa TUHAN ITU TIDAK ADA, sebagai berikut :
"Mbok menawa ana sawenehing manungso kang kliru ora percaya marang anane kang murbeng alam. Dadi ananing dhirine lan anane kang gumelar gumandhul karang kabeh, kaanggep gumandul marang suwung kang mangkono iku umpamakna nganggep suwung marang warna rupaning kaca benggela, sateman kaca benggela dipadhakake karo kothongan kang pancen suwung babar pisan. Apa iku bener ?"

Wujud cermin sejati atau kacawirangi adlh "wangwung", tidak ada apa-apa. Pantas bila orang lalu menganggapnya tidak ada sebab cermin itu terlihat begitu jernih, seperti tidak adanya rupa apapun. Tapi cermin itu tetap ada. CERMIN SEJATI ITU SATU TAPI TIDAK TERHINGGA JENIS DAN BILANGANNYA.

Orang yg hubungan MIKROKOSMOS dan MAKROKOSMOS nya masih kacau cenderung menganggap cermin itu tidak ada. Padahal, Hakikat Cermin adlh daya tunggal getar kodrat yg harmonis. Semua yg tunggal daya juga tunggal rasa. Misalnya daya tunggal yg disebut penglihatan, itu tidak sama dengan pendengaran. Daya tunggal - daya tunggal yg tiada batas jenis dan bilangannya itu di bingkai oleh keadaan sejati.

Di dalam buku Dewa Ruci (Yasadipura) terdapat inti ajaran mengenai "cermin" tersebut di atas sebagai berikut : "Badan njaba wujud kita iki, badan njero mungguwing jroing kaca, ananging dudu pangilon, pangilon jroning kalbu yeku wujud kita pribadi, cumithak jro panyipta, ngeremken pandudu, luwih gedhe barkahira, lamun janma wus gambuh ing badan batin, sasat srisa bathara."

Kisah Dewaruci ini adlh inti Sangkan Paraning Dumadi, sekaligus sebagai pengungkapan ajaran Kawulo Gusti sampai kepada jarak yg sedekat-dekatnya yg di kenal sebagai PAMORING KAWULO GUSTI atau JUMBUHING KAWULO GUSTI. Ajaran tentang sangkan paraning dumadi yg di laksanakan sebagai pedoman hidup praktis sehari-hari, sebagaimana yg terungkap dalam buku Jati Murti itu merupakan ajaran yg mudah di pahami. Sisi praktisnya terungkap dalam pernyataan yg sering di sampaikan oleh Ki Damardjati Supadjar.

"Ora perlu kabotan tresno marang daden-daden, tresnaa marang sing dadi. Nanging aja gething marang daden-daden, sebab ing kono ana sing dadi."

Pernyataan ini, kata Ki Damardjati menjelaskan hubungan antara KEJADIAN dan YANG MENJADIKAN, atau YANG DIRASA dengan YANG MERASA. Yang menghubungkan keduanya adlh RASA. Alam semesta ini adlh yg di rasakan, bukan rasa atau yg merasakan. Jadi, kenyataan sejati itu bukan yg dirasakan atau bukan yg dipergunakan untk merasa, melainkan yg merasa. Yang di rasa disebut MAKROKOSMOS, yg dipakai merasa di sebut MIKROKOSMOS. Yang merasa disebut KENYATAAN SEJATI.

Di dalam hubungan ini, ada 3 kemungkinan pengalaman yaitu LUPA, INGAT dan INGATAN SEMPURNA. Lupa : larut ke yg dirasakan, tidak memperhatikan rasanya, apalagi yg merasa. Ingat : waspada tentang rasa, tidak larut ke yg dirasakan. Ingatan Sempurna : waspada terhadap yg merasa, tidak larut kerasanya apalagi yg dirasakan.

Dalam falsafat ketuhanan jawa, hubungan manusia dan Tuhan (Kawulo - Gusti) memiliki makna sangat mendalam. Manusia harus merasakan benar-benar bahwa dirinya adlh hamba-Nya atau KUMAWALA yg artinya dirinya merupakan cermin yg sejati, sehingga Tuhan dan bayangan-Nya sungguh-sungguh tidak terhalang oleh kotoran sedikitpun. Hal ini di tandai oleh koreksi terus menerus atas diri "aku" manusia sehingga mencapai kualitas PRAMANA.

Di ungkapkan oleh Ki Damardjati, ketika rasa perasaan belum jernih, adlh rasa perasaan itu yg di anggap PRIBADI oleh si rasa perasaan. Artinya si rasa perasaan mengaku aku supaya di anggap : AKU. Jadi rasa perasaan menusia itu ternyata memang tidak bisa melihat yg meliputinya. Jadi dalam perbuatan MERASA, bahkan menghalang-halangi. Karenanya dapatnya manusia melihat terhadap yg meliputinya, tidak ada jalan lain kecuali TIDAK dengan MERASA, yaitu RASA PERASAAN KEMBALI KEPADA YANG MELIPUTI (Pribadi/Rasa Sejati). Apabila sudah tidak terhalang daya rasa perasaan, maka hanya PRIBADI yg ADA, disitulah baru mengetahui terhadap DIA, yaitu yg MEMILIKI RASA PERASAAN, bukan RASA PERASAAN YANG DI PUNYAI.

Sultan Agung menerangkan perbedaan antara Kawula Gusti dengan perantaraan 16 terminologi yg memperjelas hubungan antara Gusti (YANG DI SEMBAH) dan Kawulo (YANG MENYEMBAH) sebagai berikut : Dzat sifat, Rasa-pangrasa, Cipta-ripta, yang di sembah - yang menyembah, Kodrat - iradat, Qadim - baru, Sastra - gendhing, Yang bercermin - bayangannya, Suara - gema, Lautan - ikan, Pradangga - gendhingnya, Papan Tulis - tulisannya, Manikmaya - Hyang Guru, Dalang - wayang, Busur - anak panah, Wisnu - Kresna.

Dalam konteks pencapaian pribadi manusia tertinggi atau "pamungkasing dumadi" atau "sampurnaning patrap" adlh LULUHING DIRI PRIBADI, LULUHING RAOS AKU. Itulah pamungkasing dumadi, di situ lenyap tabir kenyataan yg sebenarnya.

Manusia yg sempurna dengan demikian adlh manusia yg luluhnya "aku" yg "di engkaukan" (krodomongso) di gantikan dengan "aku" yg tidak mungkin di engkaukan (dudu kowe).

Hubungan antara Kawulo - Gusti ini, akan di tutup dengan pernyataan Ranggawarsita :
"Sakamantyan denira angudi,
Widadaning ingkang saniskara,
Karana tan kena mleset,
Surasaning kang ngelmu,
Nora kena mada yeng jangji,
Jangjine mung sapisan,
Purihen den kumpul,
Gusti kalawan kawula,
Supadine dinadak bisa umanjing,
Satu munggwing rimbagan"

(Upaya untk mencapai pemahaman haruslah terus menerus sepanjang hidup, agar tercapai keselamatan lahir - batin, yaitu KESESUAIAN HUKUM TUHAN sebagai suatu janji, bahwa MANUSIA ITU WUJUD PERTEMUAN KAWULA GUSTI, artinya WAKIL TUHAN, sedemikian rupa seperti cincin permata).

Sebagai Wakil Tuhan di alam semesta, manusia telah di beri berbagai perangkat lunak sehingga dia bisa berhubungan secara langsung dan berkomunikasi dengan Tuhan sebagai GURU PALING SEJATI MANUSIA. Dalam Wirid Hidayat Jati di paparkan ada tujuh unsur pokok penyusun diri manusia itu :

1. Hayyu (hidup) : di sebut ATMA,
Terletak di luar Dzat.
2. Nur (cahaya) : di sebut PRANAWA,
Terletak di luar Hayyu.
3. Sir (Rahsa) : di sebut PRAMANA,
Terletak di luar Nur.
4. Roh (Nyawa) : di sebut Suksma,
Terletak di luar Rahsa.
5. Nafs (Angkara) : letaknya di luar suksma.
6. Akal (budi) : letaknya di luar nafsu.
7. Jasad (badan) : letaknya di luar budi.

Keterangan : Ada keterpaduan antara unsur di atas yaitu :
- Suksma Wahya : patemoning jasad lan napas.
- Suksma dyatmika : patemoning napas lan budi.
- Suksma lana : patemoning budi lan napsu.
- Suksma mulya : patemoning napsu lan nyawa.
- Suksma sajati : patemoning nyawa lan rahsa.
- Suksma wasesa : patemoning rahsa lan cahya.
- Suksma kawekas : patemoning cahya lan urip.

Penutup :
Terdapat kesulitan memahami hakekat hubungan antara Kawulo-Gusti dalam jagad filsafat ketuhanan Jawa bila kita hanya membaca dengan kemampuan akal budi. Dalam ajaran Jawa, kita di ajari untk melakukan praktik mistik dengan kepercayaan yg benar-benar penuh sehingga terwujud harmoni dan kesatuan dengan tujuan kosmos. Ini akan membuahkan kondisi-kondisi fisik dan metafisik yg bermanfaat bagi kita semua. Tuhan bersemayam di unsur terdalam pada diri manusia sehingga "kenalilah diri sendiri, maka kau akan mengenal Tuhanmu."

Tidak ada komentar: